Blog

Coccidiostat dan Deworming

Coccidiostat dan DewormingCoccidiosis merupakan penyakit yang umum menyerang ayam segala umur, tetapi yang paling banyak menderita adalah anak ayam umur 1 hari - 10 minggu, atau anak ayam yang berumur 4 - 8 minggu. Bentuk kronis biasanya diderita ayam yang lebih tua, 1 - 3 bulan.

Pencegahan:
Pencegahan coccidiosis dilakukan dengan cara memberikan coccidiostat pada makanan atau air minum dengan konsentrasi yang rendah. Penggunaaannya diberikan terus-menerus pada umur-umur tertentu (1 hari - 10 minggu) pada waktu ayam itu sangat peka.

Pelaksanaan:
Pemberian coccidiostat ialah dengan cara 3.2.3, yakni 3 hari berturut-turut diberikan coccidiostat, dua hari dihentikan dan kemudian 3 hari kemudian diberikan lagi, demikian seterusnya sampai ayam itu mencapai umur 10 minggu.

Ada segi-segi negatifnya dalam pemebrian coccidiostat ini. Zat aktif yang terkandung didalamnya mempunyai efek samping yang merugikan. Sebab zat aktif ini bisa membunuh mikrobia yang justru dipergunakan dalam pencernaan.
Deworming atau pemberian obat cacing yang pertama diberikan pada saat anak ayam berumur 4 atau 6 minggu. Kemudian pengobatan diulangi setiat 2 atau 3 bulan sekali. Setidaknya harus selalu diadakan ceking terhadap beberapa kelompok ayam.

0 comments:

Recent Posts

Latest Tweets

Flickr Photostream